Keraskulon.Ngawikab.com_ Beberapa tahun yang lalu bila kita mendengar kata Kelengkeng, yang terbayang dibenak kita adalah buah mahal yang hanya bisa kita temui di toko-toko buah saja tanpa kita bisa menjumpai pohonnya. Akan tetapi sekarang, pohon Kelengkeng tumbuh subur di pekarangan warga Desa Keraskulon bahkan tidak sedikit dijumpai sebagai pohon peneduh di pinggir jalan.

Kelengkeng mulai berbunga

Banyaknya jumlah pohon Kelengkeng tersebut dikarenakan adanya program bantuan dari Pemda Kabupaten Ngawi yang diterima masyarakat beberapa tahun yang lalu. Dan juga pembelian secara mandiri oleh masyarakat. Dan hasilnya di Desa Keraskulon sudah ratusan pohon Kelengkeng tumbuh subur di pekarangan warga dan juga di halaman Kantor Desa Keraskulon. Banyaknya pohon Kelengkeng di Desa Keraskulon ini sebenarnya adalah sebuah aset yang potensial bagi peningkatan ekonomi warga masyarakat.

Pohon Kelengkeng di halaman Kantor Desa

Sayangnya pada saat musim buah, pemilik pohon menghadapi kendala dalam hal mengamankan buah yang mulai masak. Karena serangan kelelawar buah pada malam hari. Dan sementara itu dari pemilik pohon belum memiliki pengetahuan yang cukup dalam menangani hama Kelengkeng ini. Biasanya pemilik Kelengkeng hanya bisa membungkus buah dengan bungkus seadanya untuk mengamankan dari serangan hama.

Diharapkan adanya bimbingan baik secara pengetahuan maupun teknologi tepat guna dalam budidaya tanaman Kelengkeng ini. Sehingga potensi dari tanaman Kelengkeng ini bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat Desa Keraskulon.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0