Keraskulon.Ngawikab.id_ Di salah satu halaman rumah warga Dusun Gambyak Desa Keraskulon, ditemukan sarang tawon vespa yang cukup besar. Tepatnya di salah satu pohon melinjo yang ada di depan rumah Sdr. Supardiyanto. Tawon Vespa Affinis atau masyarakat lebih familiar menyebutnya Tawon Endas merupakan salah satu serangga yang berbahaya, karena sengatannya bisa berakibat cukup fatal. Keberadaan tawon tersebut diketahui warga kurang lebih satu bulan yang lalu dan meresahkan warga sekitar. Keresahan warga semakin memuncak saat salah satu warga tersengat tawon tersebut, dan korban masih anak-anak. Melihat efek dari sengatan yang cukup membahayakan tersebut, warga akhirnya melaporkan penemuan tersebut pada Kepala Dusun setempat dan Bhabinkamtibmas.
Korban sengatan tawon vespa
Dengan peralatan seadanya warga bersama Bhabinkamtibmas, Bpk. Slamet Budiono melakukan evakuasi pada sarang tawon tersebut. Pertama sebelum evakuasi, sarang disemprot dengan obat serangga agar tawon tidak terlalu agresif. Setelah itu sarang dibakar agar tawon beserta larvanya juga ikut mati.
Semoga setelah evakuasi ini, sarang tawon tidak muncul kembali. Apabila ditemukan lagi sarang tawon lainnya, agar warga memberitahukan pada pihak berwajib. Jangan sampai mengevakuasi sendiri karena tawon ini termasuk agresif dan berbahaya.