Keraskulon.Ngawikab.id_ Dalam meningkatkan kemampuan serta pengetahuan operator komputer desa dalam bidang informatika, diadakan pelatihan desain grafis dan website desa. Pelatihan yang dilaksanakan selama 3 kali pertemuan ini dijadwalkan pada tanggal 12, 18, 25 Januari 2020 bertempat di Jalan Hasanudin no. 44 Ngawi. Peserta adalah operator komputer yang ditunjuk oleh Desa, ada yang Perangkat Desa maupun bukan.

Dalam pelatihan ini, pertemuan pertama dan kedua diisi dengan materi pembuatan infografis transparansi keuangan desa. Yang mana operator diharapkan mampu menyajikan infografis transparansi keuangan desa baik secara cetak maupun online. Cara yang digunakan cukup sederhana dengan menggunakan aplikasi Microsoft Power Point.

Selanjutnya dipertemuan ketiga materi diganti dengan cara pembuatan video yang akan diunggah di media sosial. Selain tutorial dan materi tentang cara membuat, mengedit serta mengunggah video, peserta juga langsung praktek membuat video. Diharapkan selain informasi dalam bentuk berita di website desa, operator juga mampu menyampaikan informasi tentang desa melalui video yang diunggah di media sosial.

Tujuan dari pelatihan ini adalah operator mampu menangkal berita yg tidak benar, hoax maupun berita-berita negatif di media sosial yang tidak bisa dipertanggung jawabkan . Dengan pelatihan ini semoga menjadikan kesan yang positif kepada masyarakat terhadap Pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah.