Keraskulon.Ngawikab.id_Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah telah banyak menggulirkan program. Termasuk salah satunya adalah pelaksanaan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM). DAPM merupakan kelanjutan dari program PNPM Mandiri. Kegiatan dari DAPM ini adalah simpan pinjam khusus kelompok perempuan.

Dalam verifikasi yang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 24 Januari 2020, untuk Desa Keraskulon hanya ada 1 (satu) kelompok yaitu Kelompok Al-Hidayah Dusun Tejo yang diketuai oleh Atik Purwati. Sistem dalam simpan pinjam perempuan ini adalah tanggung renteng. Jadi setiap anggota bertanggung jawab atas kelancaran pembayaran iuran kelompok. Syarat dalam pencairan pinjaman ini juga cukup mudah dan tanpa jaminan, cukup mengajukan proposal secara kelompok dengan dilengkapi fotocopy KTP.

Diharapkan dengan adanya program simpan pinjam ini bisa menambah modal usaha bagi kelompok perempuan sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Keraskulon. Dan juga dalam simpan pinjam perempuan ini sebagian dari jasa disisihkan untuk dana sosial yang peruntukkannya adalah untuk bantuan sosial bagi anggota kelompok maupun dana sosial bagi masyarakat tidak mampu.