Keraskulon.Ngawikab.id_Jalan merupakan akses keluar masuk suatu wilayah atau tempat. Dengan fungsinya tersebut adalah sangat penting teraksesnya jalan di setiap wilayah. Tidak terkecuali wilayah pinggiran desa yang rata-rata berupa wilayah kebun atau biasa disebut tanah tegalan. Termasuk lokasi di wilayah Dusun Gambyak, Desa Keraskulon Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi yang langsung berbatasan dengan wilayah Kabupaten Magetan.

Lokasi tanah di pinggiran dusun yang banyak ditumbuhi tanaman bambu menjadikan tanah disekitarnya menjadi kurang produktif dan bernilai jual rendah karena tidak mempunyai akses masuk. Untuk meningkatkan kelas tanah tersebut, Kepala Dusun beserta tokoh masyarakat dusun setempat mengusulkan gagasan pembuatan jalan baru sebagai akses masuk. Setelah melewati proses negosiasi dengan pemilik tanah, pengerjaan pembuatan jalan baru pun dimulai.

Penebangan pohon bambu lokasi jalan baru

Pemerintah Desa Keraskulon Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi bekerja sama dengan masyarakat setempat memulai pekerjaan pembuatan jalan baru melalui program Padat Karya Tunai (PKT). Dengan kondisi lokasi jalan baru yang ditumbuhi tanaman bambu, maka memerlukan banyak tenaga kerja untuk menebangnya. Hal ini sesuai dengan tujuan program PKT untuk memaksimalkan tenaga kerja dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan pembuatan jalan baru ini diharapkan tanah disekitarnya menjadi lebih produktif dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Dan juga sebagai akses masuk bagi pemilik tanah yang ingin menggunakan tanahnya sebagai rumah tinggal.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0