Keraskulon.Ngawikab.id_Masing-masing desa pasti memiliki potensi produk unggulan. Begitu juga dengan Desa Keraskulon Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi. Banyak potensi yang bisa digali untuk menjadi produk unggulan. Baik sektor pertanian, peternakan maupun wirausaha.

Tanaman padi jadi potensi utama desa

Dengan lahan sawah seluas 144 ha, hasil pertanian merupakan potensi utama dari Desa Keraskulon. Produk utama pertanian di Desa Keraskulon adalah tanaman padi. Akhir-akhir ini juga mulai dikembangkan tanaman melon. Juga sebagian kecil mulai menanam bawang merah.

Selanjutnya sektor peternakan juga tidak kalah potensial. Sapi menjadi primadona bagi peternak. Dengan limbah pertanian (jerami) yang berlimpah tidak sulit bagi peternak untuk mencari sumber makanan. Bebek petelur juga mulai diminati sebagian warga untuk dikembangkan. Selain itu ayam dan kambing juga diminati meski belum dalam skala besar. Pengembangan peternakan juga dilakukan untuk hewan yang kurang familiar yaitu cacing.

Untuk bidang wirausaha cukup banyak jenisnya. Dari bidang makanan, sudah mulai dirintis usaha keripik tempe dan pisang, budidaya jamur tiram dan juga pengolahan kopi. Untuk usaha mebelair, saat ini sudah ada 2 pengrajin meubel. Dibidang wirausaha logam Desa Keraskulon cukup terkenal dengan reparasi alat dapur. Selain itu juga ada pembuatan peralatan budidaya jamur tiram (mesin baglog jamur) dan bengkel pembuatan velg modifikasi.

Harapan kedepannya agar potensi tersebut bisa dikembangkan sehingga bisa menjadi produk unggulan desa. Dan juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0