Keraskulon.Ngawikab.id_ Setelah pagu indikatif pendapatan transfer desa disampaikan ke desa, Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi menargetkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2021 sudah tersusun sebelum akhir bulan ini. Untuk merealisasikan target tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi selenggarakan koordinasi dan sosialisasi penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2021.

Kegiatan koordinasi dan sosialisasi dilakukan pada Selasa (5/1) melalui video conference bertempat di masing-masing kecamatan. Untuk wilayah Kecamatan Gerih kegiatan dilakukan di aula kecamatan, dengan menghadirkan 5 desa dan juga pendamping desa. Di tiap desa mengirimkan peserta sejumlah 4 orang yang terdiri dari kepala desa, ketua BPD, sekretaris desa, dan operator siskeudes.

Peserta mengikuti koordinasi melalui video conference

Dalam petunjuk teknis penyusunan APBDes Tahun 2021 terdapat hal baru maupun lanjutan dari kegiatan tahun sebelumnya. Hal baru yang muncul dalam belanja tahun 2021 adalah adanya pos anggaran Padat Karya Tunai (PKT) untuk kegiatan penanggulangan hama tikus melalui gropyok tikus. Selain itu anggaran tahun ini masih terpakai untuk penanganan pasca pandemi covid-19 yang salah satunya pencegahan kemiskinan melalui Bantuan Langsung Tunai Desa.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0