Keraskulon.Ngawikab.id_ Tawon vespa affinis termasuk jenis serangga berbahaya. Sengatannya mengandung racun yang mengakibatkan alergi. Bila sengatan dalam jumlah banyak dapat menimbulkan resiko lebih berbahaya bahkan dapat mengakibatkan kematian. Masyarakat awam biasa menyebut tawon vespa affinis sebagai tawon ndas.

Pada Kamis (7/1), warga Dusun Keraskulon ll RT. 02 RW. 02 Desa Keraskulon Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi melaporkan keberadaan 2 buah sarang tawon vespa di kebun warga setempat. Salah satu sarang tawon berada pada sebuah pohon dengan ketinggian 6 meter, sedangkan satunya berada di semak-semak yang berfungsi sebagai pagar.

Semak-semak tempat sarang tawon

Setelah dilakukan survei dan pengamatan lokasi, Kamis malam (7/1) Relawan Desa Keraskulon Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi bersama Banser Ranting Keraskulon melakukan evakuasi. Evakuasi dipimpin oleh Subangi, selaku ketua relawan. Evakuasi pertama dilakukan pada sarang yang berada disemak-semak karena lokasi lebih mudah. Untuk evakuasi pertama tidak membutuhkan waktu lama, sarang berhasil diamankan.

Persiapan evakuasi sarang tawon vespa

Berikutnya evakuasi dilakukan pada sarang yang berada di pohon. Karena keberadaan sarang cukup tinggi, butuh peralatan ekstra. Sehingga waktu untuk evakuasi cukup lama sekitar satu jam. Setelah kedua sarang tawon berhasil dievakuasi kemudian dimusnahkan agar tidak membuat sarang kembali di lokasi sekitar.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0