keraskulon.ngawikab.id – Dalam rangka terciptanya situasi yang tentram dan tertib serta tetap memperhatikan situasi pandemi covid-19 di Bulan Suci Ramadhan 1442 H dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021, Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, ST, MH mengeluarkan surat edaran (SE) tentang ketertiban umum selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H dan Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021. Surat edaran dengan nomor 443/18.25/404.106/2021 ditujukan kepada pengusaha, pedagang kaki lima (PKL), dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Ngawi.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan berdasar surat edaran tersebut adalah sebagai berikut :

1. Kegiatan usaha hiburan malam atau karaoke ditutup selama Bulan Suci Ramadhan 1442 H.

2. Kegiatan usaha berupa rumah makan, rumah makan cepat saji, pertokoan, minimarket, supermarket dizinkan beroperasional (sesuai dengan ketentuan perizinan yang dimiliki) tetap wajib mematuhi aturan sebagai berikut :

a. Menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air yang mengalir atau hand sanitizer.

b. Menerapkan Jaga Jarak minimal 1 (satu) meter, pengunjung dibatasi 50% dari kapasitas dan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari pada lokasi usahanya.

c. Bagi usaha makan minum dihimbau untuk menggunakan tirai penutup pada siang hari.

d. Wajib memakai masker bagi pengunjung dan pengelola atau karyawan pada tempat usahanya e. Mengumandangkan adzan saat Adzan Magrib sebagai tanda berbuka puasa.

3. Pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan pada lokasi sementara atau trotoar boleh berjualan diatas pukul 16.00 WIB dengan tetap memenuhi aturan poin 2 (dua).

4. Dilarang membuat, menyimpan, membawa, mengedarkan, menjual, membakar atau membunyikan petasan dan sejenisnya.

5. Bagi warga masyarakat yang tidak menjalankan ibadah puasa dihimbau untuk tidak merokok, makan dan minum di tempat umum (yang bukan digunakan untuk kegiatan makan minum).

Share and Enjoy !

0Shares
0 0